5 Hal yang Harus Dipelajari Orang  Hamil untuk Menjaga Bayinya Tetap Aman

5 Hal yang Harus Dipelajari Orang Hamil untuk Menjaga Bayinya Tetap Aman

Ketika Anda mengharapkan bayi baru, ke mana pun Anda berada, ada seseorang yang menunggu untuk memberi Anda nasihat. Itu bisa dengan cepat menjadi luar biasa. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui setiap orang tua untuk menjaga anak-anak mereka tetap aman. Anehnya, banyak dari ini tidak sering disebutkan oleh semua pemberi nasihat itu. Salah satu hal terpenting yang dapat Anda pelajari adalah CPR bayi/anak dan Pertolongan Pertama. Anda mungkin tidak akan pernah perlu menggunakannya, tetapi jika ada kebutuhan, Anda akan senang mengetahuinya. Mengetahui CPR dewasa tidak cukup.

Cara CPR penyelamat nyawa dilakukan pada bayi sangat berbeda dengan cara yang dilakukan pada orang dewasa. Di sebagian besar komunitas, Anda dapat mempelajari CPR melalui lokal, kantor Asosiasi Jantung nasional, melalui pusat komunitas, atau rumah sakit. Jika Anda tidak yakin di mana menemukan kelas, hubungi orang yang ingin Anda gunakan sebagai dokter anak Anda, atau kantor dokter anak mana pun, dan tanyakan apakah mereka tahu di mana Anda dapat mencari tahu tentang kelas lokal. Luangkan waktu, pelajari cara menyelamatkan nyawa bayi Anda.

Hal lain yang menyelamatkan jiwa yang perlu Anda pelajari adalah cara memasang kursi mobil bayi.

Kedengarannya sangat sederhana, masukkan kursi ke dalam mobil, pasang, dan Anda sudah siap.

Namun penelitian menunjukkan bahwa 70-80% orang tua salah memasang kursi mobil anak mereka.

Kursi mobil yang tidak dipasang dengan benar berbahaya karena tidak akan melindungi anak Anda sebagaimana mestinya jika Anda mengalami kecelakaan.

Baca instruksi dengan sangat hati-hati.

Jika Anda tidak yakin, hubungi departemen kepolisian setempat dan tanyakan apakah ada fasilitas lokal yang melakukan pemeriksaan kursi mobil.

Banyak kantor polisi menawarkan inspeksi kursi mobil secara teratur.

Ini biasanya gratis, dan hidup anak Anda sangat berharga untuk diusahakan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan perlengkapan bayi bekas, Anda harus mempelajari peraturan keselamatan saat ini sehingga Anda dapat memastikan bahwa bayi Anda akan aman menggunakan perlengkapan bekas. Kursi mobil, misalnya, tidak ada gunanya jika mereka pernah mengalami kecelakaan di masa lalu atau jika mereka berusia lebih dari 6 tahun. Kecelakaan dapat menyebabkan kursi rusak dan seiring waktu, plastik di kursi menjadi lebih rapuh dan karenanya kurang efektif.

Pena mainan bayi tua dulu memiliki penutup di dalamnya yang ternyata berbahaya, sejak itu telah diubah. Mengetahui apa yang harus dicari untuk memastikan playpen aman akan memungkinkan Anda memilih playpen bekas yang masih aman untuk bayi. Ada juga baru-baru ini banyak informasi tentang boks sisi drop. Perusahaan tidak lagi diizinkan untuk membuat atau menjual ini karena kekhawatiran tentang keselamatan mereka. Luangkan waktu dan lakukan sedikit riset tentang produk yang Anda beli, terutama jika Anda membeli bekas.

Pelajari apa yang aman untuk diletakkan di tempat tidur bayi bersama bayi, dan cara menidurkan bayi. Penelitian telah menunjukkan bahwa SIDS lebih sering terjadi pada bayi yang memiliki tempat tidur empuk, boneka binatang, atau barang lain di tempat tidur mereka yang tidak aman. Ini mengejutkan banyak orang karena Anda dapat dengan mudah pergi keluar dan membeli tempat tidur untuk bayi. Namun, sebagian besar tempat tidur ini sebenarnya ditujukan untuk bayi yang lebih besar yang lebih mobile, terkoordinasi, dan lebih kuat. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang lingkungan tidur bayi agar mereka tetap aman.

1.Tempatkan bayi telentang di atas kasur yang kokoh dan pas di tempat tidur bayi yang memenuhi standar keselamatan saat ini.

2.Lepaskan bantal, selimut, selimut, kulit domba, mainan boneka seperti bantal dan produk lembut seperti bantal lainnya dari boks bayi.

3.Pertimbangkan untuk menggunakan alas tidur sebagai alternatif selimut tanpa penutup lainnya.

4.Jika menggunakan selimut, letakkan bayi dengan kaki di kaki tempat tidur bayi. Selipkan selimut tipis di sekitar kasur buaian, hanya sebatas dada bayi.

5.Pastikan kepala bayi Anda tetap terbuka selama tidur.

Sebagai orang tua baru, Anda juga harus belajar cara memandikan bayi dengan benar. Ingatlah untuk tidak pernah meninggalkan bayi sendirian di dalam air, bahkan jika ia didukung dengan baik oleh bak bayi. Bak mandi bayi harus ditempatkan di lokasi yang aman sehingga tidak akan terbalik atau jatuh saat Anda memandikan bayi. Pastikan Anda memiliki suhu air mandi yang benar karena bayi memiliki kulit yang sangat sensitif.

Mempelajari beberapa hal penting tentang menjaga bayi tetap aman dapat memberikan banyak manfaat bagi ketenangan pikiran Anda serta kesejahteraan bayi Anda dan membantu Anda membawa bayi Anda ke jalan yang benar menuju kehidupan yang aman dan sehat.

 

 

PERLENGKAPAN BAYI