Deretan Brand Termahal – Tidak hanya di dunia fashion, ada beberapa brand termahal di dunia yang bergerak dalam berbagai industri. Mulai dari teknologi, food and beverages, hingga marketplace. Brand-brand ini tentu telah lama membangun nama untuk akhirnya bisa sukses dan meraih label sebagai brand termahal di dunia.
Lalu, apa saja brand termahal di dunia tersebut? Berikut list brand termahal di dunia tahun ini.
Bagaimana Cara Memperkirakan Nilai Suatu Brand?
Ada beragam cara berbeda yang di gunakan untuk memperkirakan nilai yang di miliki oleh suatu brand. Namun, ada tiga cara dengan metode yang cukup populer untuk estimasi nilai brand. Berikut penjelasannya.
1. Biaya total
Nilai brand dapat di perkirakan berdasarkan jumlah dari seluruh biaya yang di keluarkan untuk membangun brand tersebut sejak awal. Biaya tersebut mencakup iklan, pembelian aset, gaji karyawan, dan lainnya.
2. Nilai pasar
Ini merupakan metode estimasi paling mudah. Caranya adalah dengan cukup mengalikan jumlah saham yang di terbitkan dengan harga pasar dari brand tersebut saat ini.
3. Pendapatan
Esensi dari metode yang ketiga ini adalah bahwa pendapatan bersih di masa datang langsung berkaitan dengan brand, di hitung untuk memperkirakan nilai dari brand saat ini.
Deretan Brand Termahal di Dunia
1. Apple Inc
Brand termahal di dunia pertama adalah brand yang bergerak di industri elektronik dan teknologi informasi. Produk-produk yang di hasilkan adalah PC atau personal computer, tablet, telepon seluler hingga pemutar radio. Apple merupakan brand termahal di dunia dan saat ini logo dari band ini pasti telah banyak di kenali orang. Menurut perkiraan, Apple memiliki nilai sebesar 408 miliar USD.
Perusahaan Apple, di dirikan pada 1 April tahun 1976 oleh Steve Wozniak, Ronald Wayne, serta Steve Jobs. Tiga sekawan tersebut pada mulanya terlibat dalam perakitan personal computer serta memperkenalkan model kepemilikan PC.
Akan tetapi, kesuksesan paling besar yang mereka raih baru datang di tahun-tahun belakang usai Apple memperkenalkan lini produk selulernya pada dunia, sebuah ponsel pintar iPhone serta tablet iPad.
Saat ini, rangkaian produk dari brand Apple telah semakin luas serta bahkan mencakup jam tangan pintar (smartwatch), komputer, tablet, laptop, ponsel pintar dan lain sebagainya. Brand Apple memiliki ciri khas popularitas produk dengan kualitas tinggi, desain minimalis dan stylish serta program pemasaran yang di nilai brilian dari Steve Jobs.
Hingga hari ini, Apple telah memiliki ribuan kantor, toko resmi bahkan pusat servis yang ada di seluruh dunia dengan staf yang jumlahnya hingga 132.000 orang. Kantor pusat Apple saat ini terletak di kota Cupertino, California, Amerika Serikat.
2. Amazon
Amazon merupakan perusahaan yang bergerak di industri bisnis retail. Dan amazon saat ini merupakan brand terbesar keempat di dunia dan menempati peringkat keempat perusahaan termahal menurut kapitalisasi pasar.
Amazon merupakan perusahaan retail asal Amerika yang terbesar dan menjual serta mengirimkan berbagai macam brand melalui internet. Pengguna internet, pemasok bahkan produsen dapat menjual barang apa saja, dengan mandiri cukup dengan menggunakan situs web Amazon sebagai toko online.
Lini usaha yang utama dari Amazon merupakan penjualan berbagai macam barang. Popularitas layanannya pun melambung dengan tinggi karena kualitas barang yang tinggi, harga yang rendah, pengiriman yang cepat serta keanekaragaman jenis barang yang mereka tawarkan.
3. Samsung
Samsung saat ini di kenal secara global sebagai produsen dari barang-barang elektronik. Perusahaan ini bergerak di industri elektronik serta menghasilkan beberapa produk di industri elektronik, peralatan rumah tangga, bahan kimia, rekayasa pesawat, keuangan hingga hiburan.
Perusahaan ini didirikan di Korea Selatan pada tahun 1938, kemudian pada tahun 1969, Sanyo kemudian bergabung dengan Samsung hingga akhirnya melahirkan Samsung Group. Dari merger tersebut, terjadilah pendekatan pemasaran serta misi perusahaan yang kemudian mengalami perubahan.
Kemudian pada tahun 1980, Samsung Group pun mengeluarkan model pertama dari pendingin ruangan yang mulai muncul di pasaran. Pendingin tersebut kemudian menjadi awal mula dari pengembangan sukses brand Samsung di pasar Eropa serta Asia dalam ranah produksi peralatan yang berkaitan dengan iklim.
Pada tahun 1983, perusahaan Samsung kemudian mulai memproduksi komputer pribadi. Di antara tahun 1991 hingga 1992, pengembangan lini produk telepon seluler pertama selesai di lakukan. Lalu pada tahun 1999, Samsung Electronics berhasil memenangkan penghargaan dari majalah Forbes Global untuk kategori produksi barang-barang elektronik. Saat ini, Samsung Group telah memiliki banyak lini produksi untuk berbagai macam produk pula.
4. Coca-Cola
Brand satu ini bergerak di industri makanan dan memproduksi minuman non alkohol. Dan brand coca cola, berhasil memproduksi minuman ringan berkarbonasi yang paling di kenal di seluruh belahan dunia, dengan produksi minuman tersebut, Dan Coca-Cola pun berhasil mendapatkan laba bersih lebih dari 6 miliar USD untuk perusahaan per tahun.
Brand minuman Coca-Cola di bentuk pada tahun 1882. Saat ini, rangkaian produk perusahaan dari brand Coca Cola berhasil membentuk rangkaian produk perusahaan meliputi minuman, contohnya seperti Fanta, Sprite, Schweppes hingga Diet Coke.
Saat ini brand Coca Cola memiliki nilai aset yang cukup besar, selain itu profitabilitasnya pun cukup tinggi, banyaknya staf serta hasil produksinya, nilai dari brand Coca Cola di perkirakan mencapai hingga 57 miliar USD.
5. Toyota
Brand-brand termahal di dunia tidak hanya meliputi brand yang bergerak di industri elektronik dan internet, meskipun daftar brand termahal mayoritas diisi oleh brand yang bergerak di industri tersebut.
Brand termahal di dunia berikutnya merupakan brand yang bergerak di industri pembuatan mobil yaitu Toyota. Brand ini merupakan brand yang berasal dari perusahaan Jepang dan telah mulai mengoperasikan perusahaan dari tahun 1924, perusahaan ini didirikan oleh Sakichi Toyoda.
Bagian menarik dari brand Toyota ialah pada mulanya perusahaan ini tidak terlibat dalam produksi mobil, akan tetapi dalam produksi mesin tenun. Kemudian anak laki-laki dari Sakichi Toyoda yaitu Kiichiro Toyoda memiliki minat pada pembuatan mobil, lalu mendirikan divisi baru dengan dana yang ia peroleh melalui penjualan paten dari sebuah mesin produksi yang cerdas.
Penjualan tahunan global dari mobil brand Toyota bahkan hampir mencapai 272 miliar USD di tahun 2018. Pada saat itu pula, penjualan mobil di Jepang menurun dengan cukup signifikan, sehingga menjadi suatu testimoni pada aktivitas dari perusahaan Toyota di pasar global. Meskipun telah di kenal secara global, hingga saat ini kantor pusat perusahaan Toyota masih berada di Aichi, Jepang.
6. Mercedes Benz
Selain dari brand Toyota, brand termahal di dunia juga diisi oleh Mercedes Benz, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di industri manufaktur produk serta memproduksi mobil-mobil yang memiliki fasilitas automobil. Toyota, tidak menjadi satu-satunya brand otomotif yang paling terkenal di dunia.
Sebab, Mercedes Benz juga turut menguasai pasar. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berasal dari Jerman dan didirkan pada tahun 1926 dengan melalui merger dengan dua kompetitor besarnya. Sejak tahun 2018, Mercedes Benz berhasil menempati urutan kedua di peringkat perusahaan manufaktur mobil.
Mercedes Benz di kenal sebagai perusahaan mobil yang menghasilkan mobil-mobil dengan teknologi tinggi serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi pula.
Brand ini pertama kali didirkan oleh Karl Benz yang berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar bensi pertama di dunia dan telah dipatenkan pada Januari tahun 1886. Lalu, mobil yang diproduksi dengan menggunakan nama brand Mercedes Benz baru diproduksi pada tahun 1926 usai merger perusahaan Benz serta Daimler.
Mercedes Bens kemudian memproduksi mobil, truk dengan desain premium, bis yang telah di kenal di seluruh dunia. Secara keseluruhan, perusahaan Mercedes Benz telah mempekerjakan hampir 168.000 di seluruh dunia.
7. McDonald’s
McDonalds menjadi satu-satunya brand termahal di dunia yang bergerak di industri makanan cepat saji. McDonalds merupakan restoran cepat saji yang cabangnya telah ada di seluruh dunia, brand ini juga berhasil menduduki peringkat kesepuluh sebagai brand termahal di dunia tahun 2022.
Sebagai brand termahal di dunia dan satu-satunya brand termahal yang bergerak di industri makanan, McDonalds di perkirakan memiliki nilai perusahaan yang mencapai 46 miliar USD, nilai perusahaan tersebut terlepas dari fakta, bahwa kapitalisasi McDonald telah menurun sekitar 11 persen, sebagai akibat dari rangkaian peristiwa yang sempat terjadi pada tahun 2015 lalu.
Brand ini pertama kali didirikan pada tahun 1940 sebagai sebuah restoran yang di operasikan oleh Richard serta Maurice McDonald di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Lalu, keduanya merubah restoran tersebut menjadi perusahaan waralaba dengan logo Golden Arches yang di perkenalkan paada tahun 1953, kemudian pada tahun 1955, Ray Kroc yaitu seorang pengusaha bergabung dengan perusahaan McDonald sebagai agen waralab dan mulai membeli rantai dari McDonald bersaudara.
Saat ini, McDonald tercatat sebagai rantai restoran paling besar di dunia berdasarkan pendapatan dan telah melayani lebih dari 69 juta pelanggan setiap harinya yang berada di lebih dari 100 negara di 37.855 outlet di tahun 2018.
Itulah sepuluh brand termahal di dunia menurut catatan pada tahun ini dengan pendapatan serta nilai perusahaan masing-masing. Bagaimana brand-brand di atas berhasil meraih peringkat sebagai brand termahal di dunia dengan aset miliaran USD? Apakah di mulai dari branding barang yang mereka produksi atau branding dari para pemiliknya?