Cara Memilih Gaya Pakaian Sesuai Karakter

Cara Memilih Gaya Pakaian Sesuai Karakter

Cara Memilih Gaya Pakaian Sesuai Karakter : Apakah kalian sering kali bingung menentukan gaya berpakaian setiap kali akan bepergian? Bingung memilih busana sesuai dengan acara atau kegiatan yang akan di lakukan?

Busana atau yang biasa lebih kita kenal dengan pakaian pada dasarnya berfungsi sebagai alat untuk melindungi tubuh dan untuk menutupi bagian tubuh yang memang harus di tutupi. Hal tersebut sama seperti yang di sampaikan oleh Yani Idrus dalam makalahnya, Cara Berpakaian yang Baik, (1990).

Seiring perkembangan zaman, fungsi dari pakaian juga bertambah. Setelah sebelumnya pakaian hanya digunakan sebagai penutup dan pelindung tubuh, pakaian juga mulai digunakan sebagai alat untuk mempercantik diri, dan media untuk bergaya. Munculnya fungsi baru inilah yang seperti mengajak seluruh wirausahawan yang bergerak di bidang fashion untuk berlomba-lomba menciptakan pakaian dengan gaya yang beragam, mulai dari desain, warna, motif, bahkan sampai dengan tekstur kain yang dipakai.

Lalu, keberagaman tadi juga secara tidak langsung menjadi cikal bakal tumbuhnya permasalahan baru dalam masyarakat. Setelah muncul sekian banyak gaya busana, masyarakat seperti di tuntut untuk bisa menyesuaikan dan memilih cara berbusananya masing-masing sesuai dengan kondisi dan kegiatan yang akan di lakukan. Dan ternyata salah satu cara memilih gaya dalam berpakaian atau berbusana bisa di lakukan dengan menyesuaikan karakter pemakainya. Bagaimana caranya? Langsung saja!

Gaya Pakaian 1 : Kenali bentuk tubuh

Manusia satu dengan yang lainnya tentu memiliki ciri tubuh yang berbeda. Jadi kenali terlebih dahulu bentuk tubuhmu! Apakah masuk ke dalam golongan yang memiliki bentuk tubuh kurus, sedang atau gemuk.

2. Sesuaikan dengan umur

Gaya busana anak remaja tentunya akan sangat tidak cocok jika di pakai oleh lansia, begitupun sebaliknya. Maka, pilihlah gaya pakaian kalian sesuai umur kalian. Hal ini juga untyk menghindari kesan terlalu tua atau terlalu muda bagi orang yang melihatnya.

3. Sesuaikan dengan warna kulit

Selain harus menyesuaikan dengan umur, penting juga untuk menyesuaikan dengan warna kulit kalian. Apakah kalian memiliki warna kulit gelap, kuning langsat, sawo matang, atau putih pucat? Hal itu perlu kalian pertimbangkan untuk memilih warna dari pakaian yang akan kalian pilih.

4. Kenali kepribadianmu

Penting bagi setiap orang untuk mampu mengenali kepribadian yang ada pada dirinya. Kepribadian di sini di bagi ke dalam tiga jenis, feminin yang di cirikan dengan memiliki sifat yang lemah lembut, pemalu, dan memiliki perasaan yang halus. Maskulin, yang memiliki sifat terbuka, agresif, dan percaya diri. Intermedier, yang merupakan perpaduan dari feminin, serta maskulin.

Berikut tadi beberapa cara yang dapat kalian coba lakukan untuk memilih gaya berbusana sesuai dengan karakter masing-masing. Tapi kembali lagi, tips-tips tadi tidak akan memberikan pengaruh yang besar jika dalam berbusana masih muncul rasa tidak percaya diri. Jadi, selain bisa memilih gaya busana sesuai dengan karakter, ada baiknya juga kalian mengutamakan kenyamanan dan percaya diri dalam berpakaian.

Gaya berpakaian