Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

Ide Kado untuk Bayi – Menyambut kelahiran seorang bayi ke dunia merupakan salah satu momen yang membahagiakan ya, Bunda. Bukan cuma orang tua bayi itu saja yang begitu bersemangat, keluarga dan kerabat juga biasanya merasakan kegembiraan yang sama.

Setelah mengetahui kabar keluarga atau kerabat yang melahirkan, Bunda pasti ingin menjenguk dan melihatkan langsung bayi yang baru lahir tersebut. Saat menjenguk biasanya Bunda ingin memberikan kado untuk bayi baru lahir. Jika Bunda kehabisan ide memberikan kado untuk bayi baru lahir, berikut daftarnya yang bisa jadi referensi Bunda seperti dirangkum berbagai sumber.

Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

Berikut adalah ide kado untuk bayi yang bisa bermanfaat sampai besar.

1. Stroller

Stroller merupakan salah satu barang yang dibutuhkan bayi baru lahir. Hal ini karena stroller memiliki banyak fungsi ya, Bunda. Mulai dari membawa keperluan Si Kecil hingga alat mobilitas yang nyaman untuk Si Kecil. Stroller juga sangat membantu Bunda agar tidak kerepotan menggendong Si Kecil terus-menerus ketika keluar rumah.

2. Car Seat

Selain stroller, car seat juga merupakan barang yang digunakan untuk mobilitas Si Kecil. Saat berkendara dengan mobil, bayi baru lahir disarankan untuk menggunakan car seat dengan alasan keselamatan Si Kecil, Bunda. Car seat tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari bayi baru lahir hingga enak tahun, tergantung berat badan Si Kecil. Pastikan Bunda memilih car seat untuk bayi baru lahir hingga yang bisa digunakan sampai besar.

3. Handuk

Handuk bayi baru lahir memiliki bahan yang lebih lembut dibandingkan handuk untuk anak-anak atau dewasa. Ukuran handuknya pun umumnya lebih kecil. Kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif. Handuk berbahan 100% katun merupakan pilihan terbaik Bunda sebagai kado untuk bayi baru lahir.

4. Playmat motif

Playmat untuk bayi biasanya memiliki beragam motif dan berwarna-warni. Dan playmat juga dilengkapi dengan barang-barang pelengkap lain seperti mainan untuk aktivitas bayi. Karpet bermain ini cocok jadi kado lantaran berguna untuk melatih koordinasi tangan dan mata, kognitif, dan motorik Si Kecil, Bunda. Kado yang satu ini juga berguna sampai nanti Si Kecil sudah besar.

5. Soft book bayi

Ingin mengenalkan Si Kecil pada angka, huruf, hewan, dan buah secepat mungkin? Bunda dapat memberikan kado soft book kepada bayi yang baru lahir. Buku berbahan dasar kain ini melatih indera bayi karena konsep soft book adalah touch and feel. Soft book juga berguna untuk Si Kecil dari bayi sampai besar.

6. Popok bayi

Tentunya bayi baru lahir tidak bisa buang air kecil dan besar layaknya balita, batita, dan anak-anak. Popok merupakan kebutuhan utama bagi bayi baru lahir. Popok bayi bisa menjadi salah satu ide kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat nih, Bunda. Namun, Bunda perlu memastikan ukuran yang tepat saat akan memberikan kado.

7. Tas popok/diaper bag

Setelah pokok, Bunda juga bisa memberi kado tas popoknya, loh. Tas popok dapat digunakan Bunda Si Kecil memasukkan barang lain saat bepergian seperti botol susu, thermos, dan baju.

8. Mainan sensori

Mainan sensori bertujuan untuk mengasah indera anak mulai dari penciuman, pendengaran, peraba, perasa, dan penglihatan. Contoh dari mainan sensori untuk bayi baru lahir yang bisa Bunda berikan adalah edible finger paint, bola warna warni, dan mainan yang berbunyi jika digerakkan.

9. Pakaian bayi

Kado yang satu ini merupakan pilihan paling mudah. Bunda bisa memberikan pakaian berwarna pink dan pastel untuk bayi perempuan, sedangkan warna biru untuk bayi laki-laki. Jika Bunda bingung, Bunda bisa memilih pakaian bayi berwarna netral seperti putih, cokelat, dan krem.

10. Sepatu bayi

Selain pakaian, sepatu juga pilihan mudah lainnya sebagai kado bayi baru lahir. Idealnya Bunda memilih ukuran yang pas untuk bayi baru lahir. Jika ingin bertahan lama, Bunda dapat memilih ukuran yang sedikit lebih besar agar bisa digunakan kelak.

11. Selimut

Bunda juga bisa memberikan selimut bayi untuk kado bayi baru lahir, loh. Umumnya selimut bayi berukuran lebih kecil dari selimut dewasa. Pastikan Bunda memilih selimut yang terbuat dari bahan lembut agar tidak menyebabkan iritasi.

12. Perlengkapan mandi bayi

Perlengkapan mandi bayi terdiri dari shampoo, sabun, baby cologne, hair cologne, baby oil, diaper rash hingga baby powder. Jika Bunda bingung, umumnya terdapat paketan perlengkapan mandi bayi yang sudah disediakan.

13. Bak mandi bayi

Bak mandi akan menjadi kebutuhan sehari-hari yang berguna untuk Si Kecil. Bunda dapat memberikan kado berupa bak mandi dengan motif yang unik agar Si Kecil nyaman saat mandi.

14. Bouncer

Ide kado untuk bayi baru lahir lainnya, yakni bouncer. Benda ini merupakan salah satu barang yang bisa melatih kemampuan sensorik dan motorik Si Kecil. Bouncer juga dapat membuat Si Kecil lebih tenang dan membuat tidur lebih cepat.

15. Highchair atau kursi makan bayi

Highchair berguna saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan dan mulai MPASI. Dengan membiasakan Si Kecil makan di highchair, Bunda dapat melatih Si Kecil untuk makan sambil duduk dan tidak terdistraksi.

16. Alat makan untuk persiapan MPASI

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil akan mulai MPASI atau makanan pendamping ASI. Bunda dapat memberikan kado peralatan makan Si Kecil yang terdiri dari piring, mangkok, sendok dan garpu, gelas, botol minum hingga baby spoon feeder. Pastikan peralatan makan untuk Si Kecil BPA Free ya, Bunda.

17. Sterilizer alat makan

Ketika Si Kecil mulai MPASI, Bunda juga memerlukan sterilizer alat makannya. Sterilizer berguna untuk membersihkan peralatan makan Si Kecil dari bakteri dan kuman penyebab diare. Kado yang satu ini bermanfaat sampai Si Kecil besar nanti.

18. Teether dan dot

Dot bayi merupakan barang kebutuhan sehari-hari mulai dari bayi baru lahir. Bunda dapat memberikan teether juga yang nantinya dibutuhkan bayi berumur tiga sampai tujuh bulan. Pastikan teether dan dot berukuran pas dan terbuat dari bahan BPA Free ya, Bunda.

19. Mainan anak yang berbunyi

Mainan yang berbunyi dapat membantu melatih kemampuan sensorik dan motorik Si Kecil. Bunda dapat memberikan mainan yang berbunyi dengan ukuran yang bisa digenggam Si Kecil, ya.

20. Gendongan bayi

Zaman dahulu, gendongan bayi identik dengan kain jarik. Namun, sekarang gendongan bayi terdiri dari beberapa jenis yang memiliki fungsinya masing-masing. Jenis-jenisnya ada baby wrap, hipseat, pouc, sling, dan ring sling. Baby wrap berfungsi agar Si Kecil merasa hangat tidur di gendongan Bunda. Sementara itu, gendongan hipseat adalah gendongan yang memosisikan bayi di dada Bunda.

Itulah daftar ide kado untuk bayi baru lahir yang bisa jadi referensi Bunda. Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda.

PERLENGKAPAN BAYI