Kesalahan Berbelanja Online, dan Tips untuk Menghindarinya

Kesalahan Berbelanja Online, dan Tips untuk Menghindarinya

Kesalahan berbelanja online, pada jaman sekarang kamu tidak perlu repot-repot datengin toko buat membeli barang yang kamu inginkan. Semuanya bisa dilakukan jarak jauh lewat gadget dan tentunya, koneksi internet. Nah, tapi dalam praktiknya, terkadang orang-orang melakukan kesalahan saat berbelanja online. Kesalahan kadang berujung barang tak sesuai pesanan, bahkan penipuan.

Kesalahan yang dilakukan saat berbelanja online

Kesalahan berbelanja online

1. Tertipu Gambar

Nggak semua pedagang online itu umat yang baik hati dan budiman, Loopers. Maka dari itu kamu mesti teliti melihat gambar produk. Jangan akhirnya malah kecewa dapetin barang yang nggak sesuai keinginan karena ulah oknum tak bertanggung jawab.

2. Mengabaikan Hukum “Harga = Kualitas”

Yup, harga itu menentukan kualitas. Jadi kalau kamu lihat ada barang bagus berharga miring (banget), perhatikan dulu apakah itu harga diskon atau bukan. Kalau ternyata harga asli, kamu patut meragukan kualitas barangnya, sebab umumnya harga nggak bakal membohongi kualitas, Loopers.

3. Memberi Informasi Pribadi yang Penting Tanpa Pikir Panjang

Kesalahan ini sering berujung penipuan. Jika terlibat dalam transaksi online, gunakanlah cara resmi yang sesuai dengan prosedur situs jual beli terkait. Sebab di luar prosedur tersebut, keamanan transaksi tak lagi terjamin. Sebisa mungkin, jangan sembarang cantumkan informasi pribadi di online shop, termasuk nomor HP dan nomor rekening. Hal itul bisa memancing penipu untuk melancarkan aksinya.

4. Nggak Memeriksa Detail/Rincian Barang

Setiap produk yang di pajang di toko online biasanya menyertakan rincian atau spesifikasi yang berguna bagi calon pembeli. Kesalahan berbelanja online seperti nggak membaca rincian produk bisa merugikan pembeli.

5. Mengejar Poin Belanja

Mengejar poin belanja adalah kesalahan berbelanja online selanjutnya yang sering terjadi. Poin belanja berguna untuk mendapat diskon atau di tukar dengan barang-barang tertentu di online shop. Nah, terkadang ada saja orang yang semata-mata membeli hanya untuk mendapatkan poin belanja, meski produk yang ia dapat tak terlalu di butuhkan. Kesalahan semacam ini adalah bukti kalau pembeli hanya menuruti hawa nafsu dan mengesampingkan nilai guna suatu produk.

6. Nggak Menghitung Ongkos Kirim

Ongkos kirim termasuk hal yang mesti kamu perhitungkan saat belanja online. Kesalahan berbelanja online seperti nggak menghitung ongkos kirim bakal merugikan pembeli di akhir transaksi. Banyak penjual online yang menjual barang-barang berat dan inilah yang mesti di perhatikan. Sebab biasanya, semakin berat barang semakin mahal pula ongkos pengirimannya. Jangan sampai rencana anggaran belanjamu meleset karena kesalahan berbelanja online ini.

7. Koneksi Internet Buruk

Flash Sale dan bebagai promo tertentu yang tersedia secara berkala secara tak langsung mewajibkan pembeli memiliki koneksi internet cepat. Kalau koneksi internet lemot, jangan harap dapetin barang yang harganya lagi miring habis-habisan.

Tips untuk menghindari kesalahan saat berbelanja online

Belanja secara online memang mempermudah masyarakat di satu sisi. Dengan belanja online tidak perlu harus melakukan perjalanan di toko atau swalayan sehingga bisa menghemat biaya transpor dan waktu. Dari sisi pembayaran juga relatif mudah dan cepat.

Namun – di sisi yang lain – seringkali belanja secara online menggiring masyarakat ke arah belanja yang buruk. Buruk dalam arti boros dan membeli barang yang sebenarnya tidak benar-benar di butuhkan.

Oleh karena itu, ikutilah tips berikut agar tidak terjerumus ke dalam belanja online yang buruk.

*Pertama

Pikirkan apakah barang yang akan di beli benar-benar di butuhkan. Seringkali karena tertarik iklan di media online maka seseorang membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Hal itu nanti terbukti dengan barang yang sudah di beli hanya teronggok dan tak pernah di pakai. Tinggallah penyesalan di hati.

*Kedua

Ingatlah baik-baik barang-barang yang sudah di miliki yang masih bagus kondisinya. Mengingat barang-barang yang sudah di miliki yang masih baik kondisinya akan membuat seseorang tidak membeli barang yang sama yang di iklankan di media-media onlie. Dengan demikian bisa di hindarkan pemborosan karena membeli barang yang sudah di punyai yang masih baik kondisinya.

*Ketiga

Jika melihat iklan di media online berpikirlah dalam rentang waktu agak panjang dan jangan memutuskan untuk membeli barang yang diiklankan. Jika ternyata memang tak bisa menahan godaan iklan maka lebih baik hapus iklan sebelum membacanya atau berhent berlangganan iklan yang bersangkutan yang biasanya bisa di lakukan lewat email.

Dengan adanya penjelasan mengenai kesalahan berbelanja online, semoga bisa membantu Anda untuk lebih hati-hati dan lebih bijak dalam memilih barang agar tidak terjadi kesalahan berbelanja online.

Belanja dan Ulasan Produk