Rekomendasi Mainan yang Bisa Melatih Fokus Anak

Rekomendasi Mainan yang Bisa Melatih Fokus Anak

Rekomendasi Mainan yang Bisa Melatih Fokus, Anak usia balita dan sekolah sedang senang mengekspor berbagai macam mainan. Mulai dari mainan yang mengeluarkan bunyi, bergerak, dan banyak warna. Dari semua mainan tersebut tentunya memiliki masing-masing manfaat yang baik untuk perkembangan si kecil. Salah satunya adalah mainan yang bisa melatih dan meningkatkan fokus Anak dalam mengerjakan sesuatu.

Rekomendasi Mainan yang Bisa Melatih Fokus dan Konsentrasi Anak

Apa saja mainan yang membantu anak untuk lebih fokus menangkap pelajaran sekolahnya? Cek beberapa mainan anak ini.

1. Puzzle bisa dimainkan berulang kali dan menggunakan waktu

Permainan satu ini sudah ada sejak dulu dan sampai saat ini masih jadi favorit para orangtua. Mainan yang cara mainnya adalah dengan menyusun potongan gambar ini sudah memang akan menuntut konsentrasi anak. Permainan puzzle ini sangat baik bagi balita untuk meningkatkan daya fokusnya.

Agar lebih menarik coba pilih gambar puzzle yang menarik dan penuh warna. Sehingga si kecil juga jadi semakin penasaran dan ingin menyelesaikan menyusun puzzle. Biasanya percobaan menyusun puzzle ini tidak akan berjalan lancar dalam sekali main. Berikan bimbingan kepada si kecil bagaimana melihat potongan-potongan gambar lebih teliti dan belajar menyambung antara satu gambar dengan gambar lain.

2. Lego mengajarkan anak fokus merakit mainan sebelum dimainkan

Anak mana yang tidak tertarik dengan permainan Lego. Di balik kerennya mainan ini ternyata butuh usaha si kecil untuk membangun dan menyusun Lego sampai bisa dimainkan. Permainan Lego ini sangat menyita konsentrasi dan waktu si kecil. Jika dia memiliki fokus yang baik dan ulet, biasanya dia akan menyusun Lego walau awalnya banyak terjadi kesalahan.

Namun tidak sedikit anak yang sudah putus asa di awal sehingga tidak mau menyelesaikan mainannya. Disinilah tugas orangtua untuk membimbing si kecil bersama-sama membangun mainan Lego agar bisa dimainkan bersama-sama. Tipsnya adalah mulai dari Lego edisi usia Anak agar cara menyusun dan merakit Lego sesuai dengan kemampuan si kecil. Nah, kalau si kecil sudah lihai kamu bisa berikan Lego baru sebagai hadian dengan tingkatan yang lebih sulit.

3. Bongkar pasang sambil mengenal bentuk

Bongkar pasang memiliki banyak pilihan. Ada yang berbentuk hewan, angka, huruf, alat transportasi, atau buah. Cara memainkan bongkar pasang ini adalah dengan melepas semua gambar yang menempel dan memasangnya kembali sesuai dengan bentuknya agar pas terpasang. Biasanya si kecil akan memasang tidak sesuai dan masih asal.

Bahkan ada ada yang kesal karena saat dia memasang tidak sesuai dan malah tidak bisa menempel. Nah, agar anak tidak bad mood coba ajak berikan panduan dengan cara yang menyenangkan. Mainan ini memang lebih cocok untuk batita, namun bisa juga dimainkan oleh balita sekalian belajar nama-nama bentuk yang sedang dimainkan.

4. Mainan pancingan ikan yang melatih rasa sabar dan fokus

Mainan pancingan juga termasuk mainan klasik. Kalau jenis mainan ini sudah tentu mengharuska pemainnya konsentrasi dan tidak boleh banyak gerak. Cara memainkannya ada memasukan kail pada mulut ikan yang memutar. Apalagi ukuran ikan yang kecil membuat anak kadang merasa kesulitan untuk memancingnya.

Kamu harus memberikan instruksi kepada si kecil untuk bisa memasukan kail ke mulut ikan yang posisi mulutnya terbuka. Dan saat kail sudah masuk mulut, tarik pancingan pas saat mulut ikan tertutup. Kalau berhasil, jadi deh si kecil dapatkan ikan pertamanya. Saat ini mainan pancingan sudah banyak modifikasi dengan model terbaru. Seperti menggunakan magnet yang jika kail dekat dengan mulut ikan dia akan menempel dan bisa menarik ikan dari kolam.

Pancingan jenis ini biasanya memiliki ukuran ikan yang lebih besar. Hanya saja memainkannya butuh kolam kecil atau atau ember yang diisi air. Jadi, kamu tinggal pilih mainan pancingan mana yang paling cocok untuk si kecil di rumah.

5. Puzzle 3D menjadikan anak lebih ulet

Mainan model baru ini cukup mirip dengan permainan brick, yaitu anak harus memasang dan merakit baru bisa dimainkan. Puzzle 3D ini bisa terbuat dari kertas karton tebal atau kayu tipis yang halu. Bagian puzzle biasanya memiliki warna natural atau hanya satu warna. Nah, bagian-bagian ini harus disusun sehingga bisa menjadi suatu bentuk. Bisa bentuk hewan, bangunan, atau bentuk menarik lainnya.

Si kecil tentu akan tertarik bagaimana cara memainkannya. Kunci dari mainan ini adalah dengan mengikuti semua petunjuk dan instruksi agar Puzzle 3D bisa terbentuk dengan sempurna.

6. Mencocokan bentuk geometri, anak jadi mencoba berbagai usaha

Ada banyak mainan anak yang bermain dengan bentuk geometri. Salah satunya adalah memasukkan bentuk geometri tersebut ke dalam lubang yang sesuai dengan bentuknya. Lubang-lubang dengan berbagai bentuk ini bisa berada di sekeliling bola, kubus, atau bentuk lainnya.

Anak akan mencoba ke beberapa lubang dan mulai mencocokan mana yang pas. Agar si kecil tidak bingung, kamu bisa berikan contoh terlebih dahulu. Misalnya bentuk kubus masukkan ke dalam lubang yang berbentuk kotak. Si kecil pasti akan senang kalau dia bisa memainkan mainan ini dengan lancar.

7. Flash Card menstimulasi daya ingat anak

Flash card atau kartu pintar merupakan mainan yang edukasi yang memiliki banyak manfaat khususnya melatih konsentrasi anak. Cara memainkannya selain melihat gambar di kartu dan mengetahui namanya adalah dengan bermain tebak-tebakan. Misalnya kartu pintar gambar hewan, pilih sekitar 4-6 kartu dan kemudian kenalkan nama-nama hewan tersebut. Kemudian acak-acak susunan kartu dan mulai bermain tebak-tebakan.

Jika si kecil masih belum lancar bicara, kamu bisa sebutkan nama hewan dan si kecil yang menunjuk mana hewan tersebut. Dan bisa dilakukan sebaliknya bila anak sudah bisa bicara dan menyebutkan nama hewan dengan baik. Dengan sering bermain kartu pintar, anak jadi terlatih daya ingatnya dan dia juga makin hafal dengan nama-nama hewan yang ada di kartu tersebut.

8. Mainan Block World Series mengembangkan kreativitas anak

Mainan block ini akan membawa kebahagiaan, imajinasi, dan juga kreativitas kepada anak-anak. Mereka bisa membuat dunia yang lebih baik dan indah menggunakan imajinasi mereka. Mainan membangun balok ini dapat melatih fokus anak untuk membangun dunia besar versi mereka sendiri. Mainan ini akan melatih imajinasi dan fokus anak dalam melihat ruang tiga dimensi. Block World Series juga mampu melatih kemampuan berpikir anak untuk menghubungkan konsep imajinasi dengan pikiran yang logis.

9. Intelligent Children Toy Ice Cream Music Cart Set

Ibu ingin melatih anak untuk mengembangkan kemampuan mengenal garis, bentuk, ruang dan warna. Sekaligus untuk melatih kemampuan kognitif anak-anak. Selain itu Intellegent Children Toy ini juga mampu meningkatkan pengetahuan dan daya ingat. Karena mainan ini terdiri bari berbagai bentuk dan warna. Selain itu mainan edukasi ini juga mengeluarkan berbagai musik anak-anak, yang dapat memicu perasaan gembira si kecil. Si kecil pun bisa belajar menghapal jenis-jenis musik yang dimiliki mainan edukasi ini.

10. Cooking Toy Set, membuat anak berani mengeksplorasi lingkungannya

Salah satu mainan yang paling populer di kalangan anak perempuan adalah permainan masak-masakan. Tidak hanya berfungsi sebagai mainan saja, permainan ini ternyata juga memberikan banyak manfaat mengedukasi. Jika si kecil ingin main masak-masakan dengan keseruan seperti aslinya, cooking toy set ini akan memenuhi keinginan anak. Tampilan mainannya membuat anak seakan berada di dapur sungguhan. Anak juga akan belajar bertanggung jawab dalam bermain karena mainannya mudah untuk dirapikan.

Nah, itulah pilihan mainan yang bisa melatih konsentrasi pada anak yang harus kalian ketahui khususnya para orang tua yang memiliki balita. Semoga Bermanfaat!

Mainan