Perlengkapan Bayi Saat Liburan Bersama Keluarga

Perlengkapan Bayi Saat Liburan Bersama Keluarga

Perlengkapan Bayi Saat Liburan Bersama Keluarga – Memasuki musim liburan, tentunya kamu sudah mulai mempersiapkan liburan bersama keluarga besar. Bagi beberapa orangtua, mungkin ini adalah saat pertama kamu untuk melakukan perjalanan jauh bersama si kecil.

Memang, melakukan traveling dengan bayi tentunya selalu memberikan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Berdasarkan pengalaman, beberapa orang mengatakan bepergian saat bayi di bawah usia 6 bulan lebih mudah dibandingkan usia lainnya. Mengapa?

Karena pada usia tersebut, si kecil hanya meminum ASI dan masih menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, sehingga barang bawaan lebih sedikit dan lebih praktis.

Barang bawaan akan semakin meningkat saat si kecil memasuki masa MPASI. Selain pakaian dan keperluan lainnya, kita juga harus mempersiapkan peralatan untuk membuat MPASI, terlebih jika tidak menerapkan sistem Baby-Led Weaning (BLW).

Sebenarnya, barang-barang yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan traveling dengan balita hampir sama seperti yang sering kita bawa. Namun, ada beberapa barang yang harus ditambahkan baik jenis maupun jumlahnya.

Perlengkapan Bayi Saat Liburan Bersama Keluarga

Apa saja perlengkapan bayi saat liburan bersama keluarga yang dapat masukkan ke dalam tas khusus? Yuk, kita lihat.

 1. Pakaian dan Kaos kaki

Bawakan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan pilih pakaian yang mix dan match. Dan jangan sampai lupa sesuaikan dengan cuaca ketika Anda berlibur.

Kamu harus memperhitungkan dengan cermat berapa banyak pakaian yang dibutuhkan. Memang balita membutuhkan pakaian lebih banyak karena bisa saja tanpa sengaja menumpahkan makanan, minuman atau lainnya, tapi jangan sampai berlebihan juga ya.

Selipkan juga beberapa celana panjang dan kaos kaki meski tujuan wisata kamu adalah pantai atau lokasi dengan cuaca panas. Kedua barang tersebut akan dibutuhkan saat udara berangin atau saat bepergian di malam hari.

Atau jika si Kecil termasuk anak yang aktif, kamu dapat mengenakan celana panjang yang sedikit tebal seperti jeans, agar sekaligus dapat melindungi dari risiko cidera dan luka saat terjatuh.

Kamu juga perlu membawa pakaian renang serta perlengkapannya, terutama jika berencana memasukkan acara berenang dalam agenda. Terlebih, jika hotel tempat kamu menginap menyediakan fasilitas kolam renang anak, si Kecil tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk bermain air bukan?

 2. Jaket, Topi, dan Alas Kaki

Ke mana pun tujuan kamu, jaket dan topi merupakan hal wajib yang harus diawa saat traveling bersama si Kecil. Pilih jaket yang tidak terlalu tebal jika tujuan liburan bukanlah daerah dingin.

Kamu dapat mengenakan jaket pada si kecil saat di pesawat maupun di kereta misalnya, agar terhindar dari angin yang cukup kencang dan pendingin udara yang terlalu dingin. Jangan lupa untuk membawa 2 buah alas kaki, sepatu dan sandal.

Pilih yang nyaman dan jangan lupa untuk melibatkan si Kecil untuk memilih jaket, topi dan sepatunya, hal ini dapat meminimalisir kemungkinan ‘drama’ yang akan terjadi saat anak harus mengenakan barang-barang tersebut.

 3. Perlengkapan Anak

Perlengkapan anak ini terdiri dari peralatan mandi, popok sekali pakai, tisu basah dan kering, sunblock, gunting kuku, sisir, cotton buds, gendongan, stroller – jika perlu, selimut, dan perlengkapan lain yang dirasa perlu.

Kamu tidak perlu membawa peralatan mandi komplit, cukup sabun, shampoo, minyak telon, krem bayi, sikat gigi serta pasta gigi.

Bahkan, saat ini tersedia sabun 2 in 1, yang dapat dipakai untuk mandi dan keramas. Bawa peralatan mandi ukuran kecil, dan tempatkan pada satu kantong anti air terpisah atau dapat disatukan dengan peralatan mandi kamu.

Pemilihan stroller dan gendongan bayi sepenuhnya menjadi pilihan kamu sebagai orangtua. Cari tahu kondisi jalanan pada lokasi tujuan, apakah memungkinkan untuk membawa stroller?

Karena pada beberapa tempat mungkin akan menjadi menyulitkan jika kamu membawa stroller. Jika kamu memutuskan membawa stroller, pilih stroller berukuran kecil dan ramping, ya.

 4. Popok Sekali Pakai dan Tisu Basah

Perlengkapan bayi yang paling penting saat liburan adalah popok sekali pakai (pospak). Kita tidak akan pernah tahu kapan ia akan BAK ataupun BAB. Untuk itu, jangan sampai lupa memasukkan pospak ke dalam tas khusus Si Kecil.

Jika Si Kecil menggunakan popok kain atau clodi, Moms dapat membawanya dengan jumlah yang dilebihkan. Pastikan juga membawa plastik kresek atau paper bag untuk menyimpan clodi atau sebagai tempat sampah pospak.

Dan tisu basah sangat berguna untuk membersihkan segala sesuatunya. Jika Si Kecil BAB di jalan dan tidak ada sabun, tisu basah menjadi solusi jitu. Pun ketika makanan tumpah di jok mobil, Moms bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkannya.

Perjalanan darat yang lama juga bisa membuat kulit menjadi lengket. Tisu basah pun bisa menyegarkan kulit kembali.

 5. Obat-obatan

Perjalanan darat rentan membuat Si Kecil mual dan bisa berakhir pada muntah. Untuk mencegahnya, perlengkapan bayi yang dapat Moms bawa adalah minyak telon atau minyak kayu putih. Balurkan ke badan Si Kecil agar terasa hangat dan nyaman selama perjalanan.

Selain minyak-minyakan, penting juga untuk membawa obat penurun panas dan termometer dalam perjalanan untuk berjaga-jaga. Siapkan juga obat pribadi yang lainnya, ya.

 6. Snack dan Makanan

Perjalanan darat bisa jadi sangat melelahkan, apalagi jika terjebak kemacetan. Perlu membawa makanan bayi dan juga camilan jika Si Kecil sudah mulai masuk masa MPASI.

Dilansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, bayi dan balita harus makan tiga kali sehari dan setidaknya makan camilan dua kali sehari. Biasanya dengan perut yang kenyang, Si Kecil akan berkurang kerewelannya saat sedang di perjalanan.

7. Mainan

Hal terakhir yang jangan sampai terlupakan adalah mainan. Si Kecil akan cepat merasa bosan, untuk itu jangan lupa membawa beberapa mainan favoritnya. Pilih yang berukuran kecil sehingga dapat disimpan dalam tas kecil ke mana pun kamu pergi.

Kamu juga dapat membawakan mainan yang sesuai dengan aktifitas saat traveling dengan balita. Misalnya, jika akan berenang, bawa ban renang dan bola tiup. Atau jika akan berkunjung ke pantai, bawa serta juga set peralatan bermain pasir.

Bagaimana perlengkapan bayi saat liburan bersama keluarga kali ini? Selain ketujuh poin di atas, hal terpenting yang perlu di persiapkan adalah mental anak dan orangtua. Persiapkan mental kamu dan si Kecil sejak awal, libatkan anak dalam berbagai persiapan, ceritakan tujuan traveling dengan balita, dan buat si kecil merasa nyaman selama traveling. Jika mood si kecil bagus, tentunya saat perjalanan kamu akan menyenangkan.

PERLENGKAPAN BAYI